Mendapatkan dollar per klik

Rabu, 13 Juli 2011

Pengertian Artikel

ARTIKEL




            Artikel adalah sebuah karangan faktual (nonfiksi) tentang suatu masalah secara lengkap, yang panjangnya tak tentu, untuk dimuat di surat kabar, majalah, buletin, dan sebagainya dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta guna meyakinkan, mendidik dan menawarkan pemecahan suatu permasalahan. Artikel sering dijumpai dalam surat kabar, majalah, dan jurnal. Artikel merupakan salah satu bentuk karangan yang berisi opini penulis. Artikel umumnya mengandung gagasan yang baru dan penting untuk diketahui karena isinya sesuai dengan permasalahan yang sedang berkembang di masyarakat. Oleh karena itu, kita perlu membaca artikel untuk menambah wawasan dan memperluas cakrawala pengetahuan diberbagai bidang.

            Artikel Merupakan :
  1. Karya tulis atau karangan
  2. Karangan non fiksi
  3. Karangan yang tak tentu panjangnya
  4. Karangan yang bertujuan untuk meyakinkan, mendidik atau menghibur
  5. Sarana penyampaiannya adalah surat kabar, majalah dan sebagainya
  6. Wujud karangan berupa berita atau “karkhas”

Jenis-jenis Artikel :
Ada beberapa jenis artikel berdasarkan dari siapa yang menulis dan fungsi atau kepentingannya diantaranya ada artikel redaksi dan artikel umum. Artikel redaksi ialah tulisan yang digarap oleh redaksi dibawah tema tertentu yang menjadi isi penerbitan. Sedangkan artikel umum merupakan tulisan yang ditulis oleh umum (bukan redaksi).

Ciri-ciri Artikel :
-         Lugas : Tulisan langsung menuju persoalan.
-         Logis : Segala karangan yang dipaparkan harus memiliki dasar dan alasan yang masuk akal dan dapat diuji kebenarannya.
-         Tuntas : Masalah atau tema yang dipilih dipaparkan secara mendalam.
-         Objektif : Keterangan yang disajikan sesuai dengan fakta yang ada.
-         Cermat : Berusaha menghindari berbagai kekeliruan walau sekecil apapun.
-         Jelas dan padat : Keterangan mudah dipahami tidak melibatkan emosi yang berlebihan menggunakan bahasa baku dan memperhatikan tanda baca.
-         Langkah pertama dalam pembuatan artikel bagi penulis pemula adalah menentukan tema yang ingin dituliskan. Setelah itu membuat kerangka karangan agar tulisan yang dihasilkan tidak melebar ke permasalahan lain.
-         Penulisan artikel harus memperhatikan kepaduan antara satu paragraf dengan paragraf yang lain. Wawasan yang memiliki penulis sangat mempengaruhi hasil tulisan.
Terakhir adalah judul, pemilihan judul harus diperhatikan dengan baik karena judul merupakan wakil keseluruhan isi tulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar